Pelatihan Pembelajaran Berorientasi KKNI & SN-Dikti

Dalam Menyusun Kurikulum Program Studi.

JUMAT, 11 OKTOBER 2019

DI POLITEKNIK NEGERI PADANG

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melakukan kerjasama sama dengan Politeknik Negeri Padang untuk meningkatkan pemahaman mengenai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) kepada dosen dengan Pelatihan Pembelajaran Berorientasi KKNI dan SN Dikti .

Tujuan pelatihan ini tidak hanya memberikan pemahaman tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) pada dosen, namun memberikan juga pemahaman tentang penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Pelatihan Pembelajaran Berorientasi KKNI dan SN Dikti diikuti oleh sekitar 90 orang yang terdiri dari ketua jurusan, sekretaris jurusan, koordinator program studi, dan tim kurikulum dari masing-masing program studi serta tim SPM (Satuan Penjamin Mutu) dan GKM (Gugus Kendali Mutu) Politeknik Negeri Padang yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Gedung C Lantai 2, dalam pembukaan pelatihan di hadiri oleh Wakil Direktur 1 dan wakil Direktur 2 PNP. Pelatihan ini dibuka oleh bapak Fajar Priyautama, S.Si, M.T.I dari Kepala Seksi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Akademik (Ditjen Belmawa) dan  Revalin Herdianto, ST., M.Sc., Ph.D Wakil Direktur 1 PNP Bidang Akademik.

Fajar Priyautama menjelaskan bahwa adanya pelatihan ini dalam rangka mendukung program prioritas kementerian yang merupakan salah satu turunan dari Peraturan Presiden nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia yang ditindaklanjuti dari segi kurikulumnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Direktur 1 PNP bidang akademik berharap dengan adanya pelatihan ini akan membantu program studi dalam menyusun kurikulum dan menyusun RPS (Rencana Pembelajaran Semester).

Narasumber dari pelatihan ini adalah : Dr. Drs. Ludfi Djajanto, MBA (Politeknik Negeri Malang) dengan judul materi tentang Rasionalisasi Pengembangan Kurikulum di Era Industri 4.0 dan YV. Yudha Samudra HM, ST., M. Eng (Politeknik ATMI Solo) dengan judul materi tentang Model Pembelajaran RI 4.0 Moderator dari pelatihan ini adalah : Fajar Priyautama, S.Si., M. T.I dan Mochammad Husni Thamrin, SE

<<< Home