Pelatihan Pembuatan Konten Mata Kuliah Daring dengan Pemanfaatan Aktivitas SPADA PNP Tahun 2021

Pusat Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional (P3AI) Politeknik Negeri Padang kembali menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Konten Mata Kuliah Daring dengan Pemanfaatan Aktivitas SPADA PNP pada hari Sabtu, tanggal 9 Oktober 2021 di Hotel Truntum Padang melalui platform Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) PNP. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Direktur PNP, bapak Dr. Surfa Yondri, ST, S.ST, M.Kom. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa peserta pelatihan SPADA diharapkan menjadi agent of change bagi dosen lainnya, terutama bagi mereka yang belum bisa mengoperasikan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA). Menurut beliau, sistem ini memungkinkan peningkatan pemerataan akses terhadap pembelajaran yang bermutu di Politeknik Negeri Padang. Dengan sistem pembelajaran daringnya, SPADA memberikan peluang bagi mahasiswa dari jurusan tertentu untuk mengikuti mata kuliah bermutu tertentu dari jurusan lain dan hasil belajarnya dapat diakui sama di Politeknik Negeri Padang. Hal tersebut dapat dilihat, mata kuliah “Kewirausahaan” di Jurusan Teknik Sipil diajar oleh dosen dari Jurusan Administrasi Niaga. Kedepan, hal tersebut bisa lebih ditingkatkan, mahasiswa dari politeknik lain bisa mengikuti mata kuliah tertentu yang ditawarkan oleh jurusan tertentu yang ada di Politeknik Negeri Padang. Hasil belajarnya diakui oleh perguruan tinggi dimana mahasiswa tersebut terdaftar. Dosen Politeknik Negeri Bandung misalnya bisa mengajar mahasiswa Politeknik Negeri Sambas dan Politeknik Negeri Ambon. Sehubungan dengan itu, dosen Politeknik Negeri Padang diimbau untuk mengubah mindset dari mengajar 1 lokal dengan 28 orang mahasiswa menjadi mengajar mahasiswa 1 kampus, bahkan jika perlu secara nasional, demikian disampaikan direktur Surfa Yondri.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 31 orang peserta dengan rincian 22 orang berasal dari kampus utama Politeknik Negeri Padang dan 9 orang dari Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU).

Pada pelatihan ini peserta dilatih menggunakan SPADA PNP dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber/fasilitator dosen PNP yaitu, Dr. Amy Fontanella, SE., M.Si., Ak., CA dan Dedi Kurniadi, S.ST., M.Sc.

Peserta dibimbing langkah demi langkah secara langsung untuk memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di SPADA PNP, dimulai dari review penggunaan SPADA PNP yang disampaikan oleh pemateri Bapak Dedi Kurniadi seperti : menambahkan topik pembelajaran, menambahkan aktivitas dan konten pembelajaran, membuat absensi, membuat tugas serta menjelaskan tentang cara pembuatan soal Quiz melalui bank soal yang ada di SPADA; kemudian pemateri Ibu Amy Fontanella menjelaskan tentang pemakaian Activity Lesson dalam pembelajaran online.

Seluruh peserta aktif selama mengikuti pelatihan, dan dapat menyelesaikan tugas yang diberikan narasumber. Tim P3AI berharap semoga seluruh peserta yang telah mengikuti pelatihan ini mampu mewujudkan harapan Direktur Surfa Yondri untuk menjadi agent of change bagi dosen lainnya, terutama bagi mereka yang belum bisa mengoperasikan SPADA.

Dokumentasi

A. Registrasi Peserta

B. Pembukaan Pelatihan

C. Penyampaian Materi Oleh Narasumber

D. Foto Bersama di akhir kegiatan