Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI)

Ada yang berbeda pada Pelatihan PEKERTI th 2021 ini, di karenakan pada pelatihan kali ini di laksanakan secara luring dan daring. Pelatihan ini di ikuti oleh 50 Peserta yang terdiri dari peserta CPNS dan PNS baru di Politeknik Negeri Padang (disebut Kampus Utama PNP) sebanyak 23 orang dan calon dosen tetap Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) PNPsebanyak 27 orang.
Pelatihan ini dilaksanakan secara 2 tahap, dimana tahap 1 dilaksanakan tanggal 15-17 Maret 2021 di Gedung C Lantai 2 PNP dari jam 8.00 sampai jam 16.30. Materinya tentang metodologi pembelajaran yang dilaksanakan secara luring dan daring. Peserta dari kampus utama PNP mengikuti secara Luring sedangkan peserta dari PSDKU PNP mengikuti secara Daring.

Untuk tahap 2 dilaksanakan tanggal 22-23 Maret 2021 di Gedung C Lantai 2 PNP dari jam 8.00 sampai jam 16.30. Materinya tentang micro teaching yang dilaksanakan secara luring untuk semua peserta.

Narasumber dari pelatihan PEKERTI ini berasal dari dosen PNP sendiri, yaitu Aguskamar, ST, M.Eng, Dr. Dra. Martini, M.Pd, Alhapen Ruslin Chandra, SE, MM, M.Com dan Dr. Ir. Yuhefizar, S.Kom, M.Kom.

Pelatihan ini dibuka oleh Direktur PNP, Surfa Yondri secara daring. Menurut beliau, bagi peserta, pelatihan tersebut bertujuan agar mereka lebih memahami prinsip pendidikan vokasi yang dijalankan oleh PNP sehingga ketika mengajar nanti mereka sudah terampil memberikan pelayanan yang pas dengan prinsip pendidikan vokasi. Dismaping itu juga untuk meningkatkan dan mengembangkan wawasan pedagogik ‘strategi mengajar’, yang mencakup metodologi dan keterampilan mengajar agar kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa meningkat.

Luaran yang diharapkan setelah peserta mengikuti pelatihan tersebut adalah mereka mampu merencanakan kegiatan pembelajaran dengan baik yang tercermin dalam dokumen Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang diampu. Mereka juga mampu mendemonstrasikan kemampuan metode pembelajaran dengan tepat dan sesuai dengan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) yang diampu melalui kegiatan Micro Teaching. Para peserta juga diharapkan mampu mengukur CP-MK dan CP lulusan yang dibebankan pada mata kuliah yang diampu.

Ketiga luaran tersebut diharapkan sesuai dengan pembelajaran di Era Revolusi lndustri serta arah kebijakan Kemendikbud guna mewujudkan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar.

Penutupan pelatihan PEKERTI ini tanggal 23 Maret 2021 oleh Direktur PNP, Surfa Yondri, menyatakan bahwa Peserta Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) diharapkan tidak menyerah dalam memahami pembelajaran vokasi karena mereka adalah generasi penerus yang akan mengembangkan Politeknik Negeri Padang (PNP) sebagai perguruan tinggi vokasi masa depan yang terbaik, setidaknya di Asia Tenggara. “Meskipun dengan menjadi dosen tidak membuat Anda menjadi kaya, setidaknya Anda bisa bebas berkreasi menerapkan dan mengembangkan talenta sesuai disiplin ilmu Anda serta menghidupi diri dan keluarga Anda dengan sejahtera”, jelas Direktur.