Profil P3AI

Berdirinya Pusat Peningkatan dan Pengembangan Aktifitas Instruksional (P3AI) berawal dari adanya program yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) melalui Direktorat Ketenagaan pada tahun 2007, bahwa  agar di setiap perguruan tinggi baik negeri maupun swasta untuk membentuk P3AI. Saat itu dari kira-kira 2700 perguruan tinggi di Indonesia, termasuk politeknik, baru 81 perguruan tinggi yang memiliki unit sejenis P3AI, 48 perguruan tinggi negeri, 22 perguruan tinggi swasta, dan 11 politeknik.

Program tersebut dilatar belakangi bahwa dalam upaya menghadapi masa mendatang yang penuh dengan persaingan yang semakin ketat, setiap perguruan tinggi dituntut untuk, meningkatkan mutu lulusannya agar siap dan dapat berpartisipasi dalam pembangunan. Politeknik Negeri Padang, sebagai bagian dari komunitas Pendidikan Tinggi di Indonesia yang konsen terhadap upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan sangat berkepentingan untuk ikut serta dalam program tersebut. Melalui P3AI, diharapkan kualitas, efektivitas, efisiensi, dan produktivitas proses pembelajaran akan mempercepat pencapaian visi, misi, dan tujuan Politeknik Negeri Padang yang telah dicanangkan.

Tujuan kehadiran P3AI di Politeknik Negeri Padang diharapkan dapat membantu proses penyelenggaraan pembelajaran yang serasi dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat. P3AI yang dibentuk dan dikembangkan harus dapat berperan untuk melakukan kajian, evaluasi, analisis, dan interpretasi yang handal dan sahih agar pimpinan perguruan tinggi selalu dapat memperoleh gagasan dalam perencanaan pengembangan pendidikan, menyediakan layanan dan bantuan kepada staf akademik untuk peningkatan kemampuan dalam proses pembelajaran, dan bersama dengan unit kerja yang relevan melakukan evaluasi hasil dan proses pembelajaran yang ditujukan untuk peningkatan kualitas yang berkelanjutan.

Struktur Organisasi

Struktur organisasi dari P3AI sebagai berikut :

Sumber Daya Manusia

Untuk mendukung pelaksanaan operasional, sumber daya manusia P3AI terdiri dari 3 (tiga) orang, yaitu :

  1. Ketua                                   : Sukartini
  2. Sekretaris                           : Lusyana
  3. Staf administrasi               : Aldi Rahman

<<< Home